Pasien Positif Covid-19 di RI Mencapai 27 Orang, Mungkinkah Akan Seperti Italia?


Jakarta - Pasien yang positif tertular virus corona COVID-19 di wilayah Indonesia bertambah lagi. Kini ada 27 pasien positif virus corona COVID-19 di wilayah Indonesia.

Sementara itu, Italia termasuk salah satu negara yang melaporkan lonjakan kasus COVID-19 yang cukup tinggi. Kasus virus corona COVID-19 yang terjadi di Italia pada Selasa (10/3/2020) dilaporkan sebanyak 9.172 orang dengan korban meninggal sebanyak 463 orang.

Menanggapi hal ini, Ketua Satgas Wabah Corona Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor dr Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM, FINASIM, menjelaskan analisanya terkait lonjakan kasus yang terjadi di Italia.

"Saya telusuri mengapa Italia banyak (terjadi lonjakan kasus) itu satu-satunya negara di Eropa yang meningkatkan frekuensi penerbangan dengan China tiga kali lipat," ungkapnya saat ditemui di Menara Bank Mega, Lantai 19, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2020).

Menurutnya perlu penelusuran lebih lanjut terkait penerbangan yang terjadi di Indonesia beberapa bulan terakhir. Apakah penerbangan dari Indonesia ke China cukup banyak.

"Nah tinggal kita melihat berapa banyak frekuensi (penerbangan) kita dari China selama tiga bulan terakhir, sudah ada survei apa belum," lanjutnya.



Sumber: Detik.com