Waspada, 2 WNI Terdeteksi Positif Corona


Jakarta - Pemerintah menyatakan 2 WNI yang tinggal di Depok, Jawa Barat, positif virus Corona. Mereka terdeteksi sejak 1 Maret 2020.

"Sudah terdeteksi 1 Maret kita lakukan pemeriksaan. Jadi begitu dengar berita, langsung telusuri dan pemisahan, dan ini kontak langsung ini kan close contact, sama seperti warga Wuhan, Dream Land," ujar Menkes Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Dua WNI itu adalah ibu dan anak. Mereka sudah dibawa ke RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, dan diisolasi selama 14 hari.

Terawan pun menjelaskan soal langkah pencegahan. Terawan meyakini manusia tertular virus Corona jika imunitas tubuhnya rendah.

"Jadi begini, dunia itu semakin rasional. Satu, tracking sudah bisa dikerjakan, dari pintu masuk bisa dikerjakan. Kegiatan untuk meningkatkan imunitas itu yang penting. Kalau tubuh kita kuat, tidak akan masuk," ujarnya.

Apakah masyarakat sekarang perlu menggunakan masker?

Terawan mengatakan masker hanya dipakai bagi mereka yang sakit. Bagi yang sehat, tidak disarankan.

"Kenapa? Karena apa? Kalau yang sehat pakai juga percuma, dia nanti megang-megang tangannya dan sebagainya. Tetap saja bisa kena," ujar Terawan.



Sumber: Detiknews.com