4 Orang Pegawai Puskesmas Bangkinang Kota Positif Covid-19



Kampar - Hasil Proses isolasi mandiri dan tes swab besar-besaran yang diikuti 114 pegawai Puskesmas Bangkinang Kota sejak Selasa (21/7/2020) hingga Sabtu (25/7/2020) pagi ini telah didapat,empat orang dari 12 orang yang telah keluar hasil swabnya dinyatakan positif terkena virus corona (Covid-19).

Empat orang ini kontak erat dengan pasien ke-22 EY (42) yang juga merupakan pegawai di Puskesmas Bangkinang Kota.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar H Dedy Sambudi melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, dr Muhammad Ikhsan, menyampaikan 3 pasien Covid-19 terbaru ini berjenis kelamin perempuan dan satu laki-laki. 

Adapun yang tercatat sebagai pasien yang ke-25 adalah Ny. EI (39) yang merupakan warga Kecamatan Bangkinang Kota , pasien ke-26 Tn. J (40), warga Kecamatan Bangkinang, pasien ke-27 Ny. NS (38) warga Kecamatan Bangkinang Kota dan pasien ke-28 Ny. RIP (35), warga Kecamatan Bangkinang Kota.

Karena positif terkena Covid-19, mereka dipindahkan dari kawasan isolasi mandiri di Kawasan Wisata Stanum Bangkinang ke RSUD Bangkinang untuk dirawat.

Dari pantauan pada Jum'at (24/7/2020) sore, Puskesmas Bangkinang Kota Masih tampak sepi akibat penutupan layanan sampai waktu yang belum ditentukan. Pagar Puskesmas yang terletak di pinggir jalan nasional Riau-Sumbar itu masih tertutup rapat. 

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kabupaten Kampar H Dedy Sambudi mengatakan, isolasi mandiri dan tes swab yang dilakukan terhadap 114 orang tenaga medis, staf dan karyawan Puskesmas Bangkinang Kota dilakukan menyusul adanya korban positif Covid-19 di Puskesmas Bangkinang Kota Ny EY (42) pada Selasa (21/7/2020) kemarin. 

Dedy Sambudi menjelaskan, proses isolasi pada Selasa (21/7/2020) malam dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri yang juga menjabat Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kampar. Sebagian tenaga medis, staf dan karyawan Puskesmas Bangkinang Kota dibawa ke Stanum dengan menggunakan bus sekolah.

Sambil menunggu hasil tes swab, layanan di Puskesmas Bangkinang Kota masih ditutup.
Proses isolasi terutama di kawasan wisata Stanum dibantu oleh beberapa instansi, diantaranya tenaga medis Dinas Kesehatan dibantu Satpol PP, BPBD dan kepolisian. 

Hingga Sabtu (25/7/2020), total positif Covid-19 menjadi 28 orang. Rinciannya, 13 orang sedang dirawat, 14 orang telah sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Kepada masyarakat dan seluruh pihak Kadis Kesehatan Dedy Sambudi mengimbau agar benar-benar mengikuti protokol kesehatan apalagi di tempat-tempat keramaian. Budi menekankan masyarakat agar selalu menjaga jarak, menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer dan menghindari kerumunan.

"Supaya jangan berkembang seperti ini, disiplin kuncinya," tegas Budi, dikutip dari cakaplah.com.