UAS: Ini Pertama Kali Saya Sembelih Hewan Kurban dan Dibimbing Langsung Juleha



Pekanbaru - Idul Adha 1441 Hijriyah, Ustaz Abdul Somad (UAS) bertindak sebagai khatib salat Id di Lapangan Horse Power Tambusai, Pekanbaru, Jumat (31/7/2020).

Dalam momen tersebut, ustaz kondang asal Riau ini menyampaikan hikmah pelajaran yang diambil dari perjalanan hidup Nabi Ibrahim.

"Nabi Ibrahim adalah nabi yang banyak mendapatkan cobaan. Nabi Ibrahim merupakan nabi yang paling lama berdoa dan tidak pernah putus asa. Baru diijabah Allah, Ibrahim mendapatkan anak setelah berumur 86 tahun," ungkap UAS di hadapan ribuan jamaah saat khutbah salat Id, dikutip dari cakaplah.com.

Salat id yang diselenggarakan oleh Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU), Horse Power, Indonesia Dai Network dan beberapa lembaga Dakwah lainnya ini digelar di Lapangan Berkuda Horse Power depan Mall SKA Pekanbaru.

Sementara itu, infaq sadekah yang terkumpul berjumlah dari penyelenggaraan Idul Adha ini sebesar Rp25 juta. Ada pula jemaah yang mewakafkan 10 gram emas dan mewakafkan uang sejumlah Rp15 juta.

Masyarakat sangat antusias melaksanakan salat Id bersama Datuk Seri Setia Negara itu. Hal itu terlihat ribuan jemaah sudah memadati areal lapangan Horse Power Tambusai semenjak pukul 06.45 WIB.

Usai penyelenggaraan salat Id dan khutbah, UAS melakukan penyembelihan hewan kurban.

"Ini berbeda dengan hari raya kurban terdahulu. Idul Adha tahun ini spesial, UAS langsung menyembelih sapi yang dikurbankan melalui Yayasan Tabung Wakaf Umat," kata Ketua Yayasan Alnof Dinar.

Penyembelihanpun menjadi lebih afdol karena langsung dibimbing oleh Juleha. Juleha adalah singkatan dari Juru Sembelih Halal. Sebuah lembaga yang dibentuk untuk mengedukasi umat bagaimana tata cara penyembelihan hewan yang benar, mulai dari metode tata caranya, parang bilahnya sampai kepada bacaan yang disyariatkan.

Dikatakan Alnof, total hewan kurban yang dihimpun oleh YTWU adalah 26 ekor sapi dan 1 ekor kambing. 1 sapi dan 1 kambing disembelih di lokasi salat id dan selebihnya disalurkan ke daerah pedalaman suku Talang Mamak, Suku Akit, dan daerah pinggiran Kota Pekanbaru.

Setelah semua senarai acara selesai, UAS berseloroh. "Selama ini, jangankan menyembelih sapi, menyembelih ayampun saya tak pernah. Inilah pertama kali saya menyembelih hewan kurban," ungkap UAS sambil tersenyum.