Petugas Pemadam Karhutla Lakukan Upacara Bendera di Semak Belukar

 

Pekanbaru - Bendera merah putih tampak berkibar di lahan semak belukar. Tampak petugas berseragam merah dari Manggala Agni bersama TNI melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 75 pada Senin (17/8).

 Lagu Indonesia Raya pun dinyanyikan. Terdengar sayup-sayup dinyanyikan dengan hikmad. Rupanya para tim sedang melangsungkan upacara di lahan yang terbakar sejak Sabtu (15/7) sore.

 "Sebelum mopping up kami upacara peringatan HUT RI ke -75 terlebih dulu," sebut Kadaops Manggala Agni Kota Pekanbaru Edwin Putra, dikutip dari Riaupos.co.

Upacara pun berjalan lancar. Sang saka berkibar secara sempurna pada kayu yang telah ditancapkan sekitar dua meter tingginya. 

 Hingga matahari di atas ubun-ubun tim masih berjibaku di lapangan. Komandan Regu (Danru) Manggala Agni Ardi Candra menyebut, sebelum melanjutkan kegiatan pendinginan, pasukannya memperingati detik-detik proklamasi. 

 "Tadi pendinginan kita hentikan sejenak pada saat detik-detik proklamasi, diadakan secara sederhana. Setelah itu, kegiatan kita lanjutkan kembali untuk memadamkan api," kata Ardi saat ditemui di lahan kebakaran. 

 Hingga hari ini, menurutnya, pasukan tetap berjibaku memadamkan api, masih terlihat kepulan asap putih dari lahan bertekstur gambut itu. "Ini hari kedua kita lakukan upaya pemadamanan dan pendinginan. Disini masih terdapat beberapa titik api yang bersifat acak, jadi kita terus waspada dan siaga," urainya. 

 Kemudian datang petugas dari Polsek Payung Sekaki yang dikomando Kapolsek AKP Akhmad Rivandy yang menyebut, pihaknya senang menyelidiki atas kepemilikan lahan itu.

 "Untuk pemilik lahan masih kita dalami, akan dicari informasi kepemilikan baik itu tingkat RT ataupun setingkatnya," ungkapnya.