Heboh Beredar Video Pembakaran Bendera

Jakarta - Belakangan ini, warganet dihebohkan dengan adanya video TikTok berdurasi 30 detik yang memperlihatkan aksi seorang pemuda membakar bendera merah putih.

Dalam video TikTok tersebut sang pemuda tampak menyiramkan cairan pada bendera Merah Putih. Diduga cairan yang digunakan merupakan bensin. Api pun dengan cepat langsung menghanguskan bendera merah putih tersebut.

Atas kejadian tersebut, Anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris Padjalangi mendesak pada pihak Kepolisian untuk dapat segera menangkap dan membuka motif pelaku pembakaran bendera merah putih yang videonya menjadi viral tersebut.

"Kepolisian harus segera melakukan langkah konkret dengan menangkap dan membuka motif pelaku dalam melakukan aksi pembakaran bendera merah putih,” ujar Andi Rio Idris Padjalangi dalam keterangan tertulis,  Minggu (31/01/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Lebih lanjut, Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu juga menjelaskan bahwa bendera merah putih merupakan simbol negara yang harus dihormati oleh segenap komponen bangsa.

Sehingga Anggota Komisi III DPR RI itu menuturkan bila ada orang yang melakukan pembakaran terhadap bendera merah putih, maka aksi tersebut merupakan bentuk penghinaan terhadap simbol negara.

Andi Rio Idris Pandjalangi pun menyebut bahwa apapun alasan pelaku melakukan pembakaran bendera merah putih itu tak bisa ditolerir.

Di samping itu, anggota Komisi III DPR itu juga mengingatkan kepada pihak Kepolisian untuk tak membiarkan pelaku bebas berkeliaran dan terus melakukan aksinya demi sebuah konten dan popularitas.

"Polisi harus segera menangkap pelaku dan memberikan hukuman serta mendapatkan efek jera," pungkasnya.